Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Step By Step Agar Pecah Telor Affiliate TikTok

step by step agar pecah telor tiktok afiliasi

 

Salah satu cara cepat untuk bisa menghasilkan cuan di TikTok adalah dengan menjalankan affiliate TikTok, cuma masih banyak yang bingung cara mulainya untuk bisa pecah telor. Nah pada artikel ini akan membahas tentang langkah-langkah untuk memulai TikTok afiliasi sehingga bisa menghasilkan.

Sebenarnya sebelum menjalankan akun affiliate Anda harus terlebih dahulu tahu kunci utamanya ada pada pemilihan niche atau target market dan produknya. Hal pertama Anda cukup tentukan satu niche market spesifik dulu yang setidaknya market itu memiliki satu masalah yang ingin diselesaikan, dan dia butuhkan lewat produk atau konten yang akan ditawarkan.

Dalam milih niche marketnya pun tidak bisa asal-asalan, memang benar tiap konten atau produk itu punya marketnya. Cuma sebaiknya cari market yang memang ptensial mempunyai kemampuan untuk bisa dan mau membelanjakan uangnya.

Pada umumnya market potensial itu memiliki ciri-ciri seperti berikut:

  • mereka yang berusia 18-50 tahun.
  • Memiliki penghasilan.
  • Memiliki masalah & kebutuhan tertentu.
  • Setidaknya mengerti atau terbiasa dengan cara bertransaksi via online.

Jangan pilih market anak-anak karena sudah pasti susah dapat orderan, karena mereka tidak mempunyai uang, percuma nanti konten Anda fyp tapi orderan tidak ada.

Cara menentukan produk affiliate TikTok

Contoh target marketnya misal:

Emak-emak yang punya anak usia 1-5 tahun yang ingin anaknya jadi lebih aktif, kreatif dan tidak ingin anaknya banyak screen time" (alias Orang tua yang peduli dengan tumbuh kembang anaknya. Terlihat jelas disini marketnya punya kemampuan untuk membeli entah itu dari penghasilan sendiri atau dari hasil suaminya.

Disini si market memiliki masalah dan punya keinginan tertentu yang ingin diselesaikan.

Contoh market potensial lain + produk

Contoh 1

Market: Wanita yang baru berhijrah ingin memperbaiki penampilannya agar terlihat lebih soleha tapi masih bisa tetap tampil modis tanpa harus gunakan pakaian yang ribet.

Produk: "Gamis simple atau Khimar Instant.

Ide konten: Bisa share tentang hal islami, kajian, referensi ootd muslimah dan lainnya.

Contoh 2

Market: Pria usia 18-25 tahun yang ingin bisa main rubik biar bisa pamer ke teman-teman atau ngisi waktu luang tapi gak mau terlalu jago.

Produk: Berbagai Rubik cube bisa jadi produk potensial.

Ide konten: Video rekor orang mainkan rubik, tutorial cara main rubik, tips and trik main rubik, info penting dan menarik seputar rubik dan lainnya.

Hal selanjutnya baru fokus pilih 1-3 produk dulu yang bisa langsung menjawab kebutuhan dan Masalah mereka misal produknya.

  • Kolam renang portable

Ingin bisa lebih dekat lagi dan menghabiskan waktu bersama anak tanpa harus ngeluarin budget yang banyak tiap minggunya untuk pergi ke kolam renang.

  • Busy Board

Ingin melindungi si kecil dari benda tajam atau berbahaya tapi tetap ingin lihat sikecil bisa aktif mengeksplore rasa penasarannya.

  • Projector Printing

Ingin mengasah kreatifitas anak dan gak ingin anak terkontaminasi dengan gadget, khawatir kalau nanti jadi tidak aktif jika banyak screentime.

Cara optimasi TikTok

Setelah menentukan niche selanjutnya optimasi akun dan kontennya, untuk optimasi akun bisa lakukan hal berikut.

  1. Buat akun baru, atur username dan nama sesuai niche marketnya contoh @MainanAnakku @DuniaMainan.
  2. Buat email sesuai niche marketnya dan langsung lakukan verifikasi.
  3. Buat bio yang menarik agar mereka makin tau hal apa saja yang bisa mereka dapatkan di akun ini misal contoh bio-nya: Pusat Mainan Anak yang bikin makin pintar dan kreatif. Kolam renang yang bikin Anak Happy setiap hari.
  4. Tambahkan 1-3 jenis produk ke etalase, cari yang ratingnya bagus dan harganya bersaing berkisar 10rb-300rb.
  5. Atau bisa juga cukup fokus tambahkan 1 niche produk saja misal produk kolam renang" dan buat nama akunnya jadi spesifik seperti @KolamRenangViral @KolamRenangAnakViral.
  6. Akun bebas mau di diamin dulu atau tidak itu bukan jadi masalah yang penting nanti, Anda fokus membuat konten yang menarik.

Kemudian kita masuk ke Optimasi konten, yang arus diperhatikan dan dipahami dulu adalah Anda harus tahu dulu sumber atau bahan untuk konten-kontennya, misal sumbernya bisa dari pinterest, youtube, Douyin, Instagram, Telegram, SSan, rekaman sendiri, dan lainnya. Kemudian lakukan editing konten sederhana seperti editing Konten slideshow, konten video china, konten jedag jedug atau bisa menggunakan template dari aplikasi Capcut atau Canva.

Untuk editing kontennya usahakan satu tema atau style dulu saja jangan campur dengan tema lain. Misal editingnya pakai format Vidcin + Sound Google + Copywriting. Jangan di campur sama konten editing style jedag jedug. Dan disini Anda bisa langsung membuat konten yang hardselling atau mix soft sell + hard sell.

Komponen penting pada konten yang harus diperhatikan:

  • Kualitas Gambar atau video usahakan HD atau jelas.
  • Selling point untuk menyelesaikan Permasalahan si market.
  • Fokus pada solusi dan benefit.
  • Opening ngehook dan story video yang menarik.
  • Ada call to action yang jelas dan menarik.

Langkah-langkah membuat konten TikTok

  1. Cari dan kumpulkan semua bahan konten yang diperlukan. Gambar atau video konten usahakan kualitasnya bagus. Sound yang menarik dan viral (cara simple cari soundnya buka akun satu niche atau akun kompetitor lihat konten yang viral lalu simpan soundnya untuk digunakan nanti).
  2. Buat stok konten sebanyak 10-30 VT durasi 10 - 20 detikan lalu simpan di draft akun, editing kontennya satu tema atau style. Buat konten yang simple-simple saja, baik itu hanya menambahkan watermark kecil, opening yang menarik, cover yang oke, tulisan berisikan point benefit dan fitur produknya, skrip konten yang menarik, menggunakan voice over atau suara google. Pastikan juga saat mengekspor pilih kualitas yang baik, minimal kualitas kontenya resolusi 720p (biasanya nti tiktok juga akan mengompresnya lagi nanti).
  3. Gunakan satu sound yang sama pada 5-10 konten berbeda (bisa juga gunakan sound asli saja tanpa tambahan sound dari tiktok, tapi pastikan dulu soundnya tidak dilarang). Tipsnya disini kita bisa gunakan referensi sound yang sudah Anda simpan dari akun kompetitor.
  4. Ketika akan upload konten, Tautkan 3 -10 produk di dalam satu kontennya, misal kontennya tentang produk kolam renang bisa tautkan variasi produknya seperti Produk 1 : kolam renang Ukuran 1,5 meter harga 150rb. Produk 2 : kolam renang portable bulat harga 100rb Produk 3: Kolam renang diskon flash sale. Tapi bisa juga testing 1 konten tautkan 1 produk saja, kalau mentautkan lebih dari satu produk itu tujuannya untuk jaga-jaga barang kosong atau alternatif harga atau produk lainnya.
  5. Sehari upload 3-7 konten dengan produk yang sama tapi vt konten berbeda (konten yang ada draft).
  6. Caption yang singkat aja misal "Kolam renang anak 100 ribuan".
  7. Penggunaan Hastag cukup 2-5 saja, gunakan hastag relevan dengan rangking hastag dari kecil ke besar.
  8. Interval jarak upload tiap kontennya berkisar 30 menit sampai 6 jam atau langsung upload banyak konten sekaligus dalam rentang waktu 10-30 menitan (cara upload sekaligus ini paling sering kita lihat dari konten kreator yang jogat-joget.
  9. Setelah beberapa menit upload bisa Anda pancing kontennya pakai akun yang lain dengan memberikan like, komen yang menarik salin tautan.
  10. Siapkan juga stok konten untuk di upload menggunakan fitur balas komentar, disini bisa balas komen asli dari orang lain atau komen dari akun Anda yang lain (bergantian aja upload konten yang di draft atau konten yang dari galeri).
  11. Selama 1-3 hari fokus upload konten dengan 1 niche produk saja (untuk cek apakah produk itu bisa naik apa tidak di akun).
  12. Kalau tiak naik viewnya, coba upload 2-5 konten dengan variasi menggunakan sound lain tapi masih produk yang kemarin juga promosikan (jangan repost konten tapi konten baru dengan sound yang berbeda).
  13. Lihat apakah dapat viewer, fyp atau anyep, kalau anyep ganti produk lain untuk dipromosikan dan ganti soundnya.
  14. Biasanya 1 sampai 2 hari udah bisa lihat apakah akun ini performanya baik atau gak, kalau ada minimal 1-2 konten yang fyp, selamat akunnya bagus dan lanjutkan terus, biasanya akan mudah dapat orderan.
  15. Kalau ternyata 2 hari belum fyp, tetap aja upload sampai stok konten di draft habis (3-7hari), kalau tidak ada fyp juga tinggalkan saja akunnya, coba buat akun baru. Apabila dalam 2-7 hari sudah menemukan winning content dan winning produk di akun teman-teman, maka sudah tau kan hal apa saja yang harus dilakukan agar bisa terus konsisten fyp.

Nah, Sebenarnya sampai disini setidaknya harusnya sudah bisa pecah telor, dan biasanya nanti seiring berjalan waktu, konten akan mulai mengalami penurunan view. Kalau sudah lihat tanda-tandanya akan menurun, disini saatnya Anda tingkatkan kembali akun dan kontennya dengan cara bisa sedikit memperluas niche marketnya atau gali kebutuhan dan masalah lain dari market itu, agar nantinya kita bisa nambahin jenis produk lain yang masih satu kategori untuk menjawab permasalahan dan kebutuhan lain dari si market.