Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Kartu Prakerja Program Jokowi Serta Cara Mendaftar

Kartu prakerja adalah program yang diandalkan oleh jokowi ketika mencalonkan diri sebagai presiden  setahun yang lalu, kartu prakerja dianggap mampu membantu para pengangguran untuk bisa mendapatkan pelatihan skill sesuai dengan kemampuan dan minat. Dengan program prakerja tersebut diharapkan dapat mencetak para pekerja handal, kompeten, dan mempunyai skill sesuai bidangnya.

Kartu prakerja jokowi merupakan salah satu terobosan yang banyak menuai pro dan kontra pada awalnya, namun melihat persaingan di dunia kerja semakin ketat, serta adanya peraturan tenaga kerja asing diperbolehkan bekerja di negara lain membuat persaingan di dunia kerja semakin sulit. Dengan adanya program tersebut dapat melatih skill sehingga bisa bersaing dengan pekerja lain dan terlebih lagi bisa bersaing dengan tenaga kerja asing.

Program kartu prakerja online ini memiliki berbagai manfaat yang bisa membantu mengembangkan skill seseorang, disamping itu program prakerja juga memberikan insentif kepada orang yang mengikuti program tersebut. Jadi selain mendapatkan ilmu, juga mendapatkan uang, dengan jumlah yang cukup besar yang dibayarkan setiap bulan selama beberapa bulan.

Tahapan-tahapan mendaftar kartu prakerja

Jika kamu berminat untuk mengikuti program prakerja tersebut kamu harus melakukan langkah-langkah seperti berikut.

1. Mendaftar kartu prakerja 

Tahapan tersebut merupakan langkah awal untuk mengikuti program kartu prakerja, pertama buka situs prakerja.go.id, kemudian masukan email dan juga password. Setelah itu klik daftar.

2. Verifikasi email

Setelah mendaftarkan email kamu diarahkan ke prakerja login, tetapi sebelum login kamu harus melakukan verifikasi email terlebih dahulu. Untuk langkah verifikasi buka email yang di daftarkan klik pada bagian spam, biasanya email verifikasi tersebut muncul pada bagian spam kemudian klik verifikasi.

3. Login

Login ke akun pra kerja dengan memasukan email dan juga password, setelah itu masukan NIK KTP, dan NO KK, setelah lanjut kamu diminta untuk mengisi beberapa pertanyaan yang di ajukan seperti apakah masih sekolah atau tidak serta hal-hal lannya, kemudian isi data alamat sesuai KTP, dan unggah poto KTP dengan ukuran maksimal 2 mb, provinsi, Kabupaten, kecamatan, dan juga no ponsel.

Baca Juga: mengenal resesi serta faktor penyebabnya

4. Masukan kode aktivasi akun

Setelah langkah ke tiga selesai kamu akan menerima pesan yang berisi enam digit angka sebagai kode aktivasi akun. Lalu ketikan kode tersebut pada kolom aktivasi, kamu harus melakukan dengan karena waktu yang di sediakan sekitar dua menitan saja, kemudian klik konfirmasi atau kirim.

5. Mulai ujian atau kerjakan soal

Setelah langkah empat selesai kamu akan di arahkan ke kartu prakerja dashboard klik mulai ujian atau kerjakan soal. Perlu di ingat waktu pengerjaan 20 menitan dengan 18 soal terdiri dari soal motivasi seperti setuju atau tidak dengan suatu pernyataan, kemudian soal hitungan sederhana seperti pecahan, penjumlahan, pengurangan, pembagian, serta persen.

6. Klik ikut partisipasi gelombang

Setelah menyelesaikan pengerjaan soal klik gabung gelombang sesuai pada saat gelombang yang sedang di buka, misalnya kartu prakerja gelombang 7 dan sekarang prakerja gelombang 9 kemudian klik dan akan muncul bacaan sedang di evaluasi.

8. Tunggu pengumuman kelulusan

Setelah pendaftaran dan pengerjaan soal kamu tinggal menunggu hasil pengumuman.

Nah itulah langkah-langkah untuk mendaftar kartu prakerja

Untuk kamu yang belum mendaftar silahkan untuk mendaftar secepatnya karena pendaftaran gelombang 9 akan di tutup tanggal 21 September 2020 ini.

Dan apakah kartu prakerja gelombang 10 akan ada lagi, kita tunggu saja informasinya.

Baca Juga:

Mengenal Odading Viral Mang Oleh

Tiktok bisa membuat orang viral dan terkenal