Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update 30 Umpan Mancing di Sungai Yang Paling Jitu dan Ampuh

Update 30 Umpan Mancing di Sungai Yang Paling Jitu dan Ampuh


Mancing merupakan suatu hobi yang banyak digemari, dengan memancing dapat melatih kesabaran. Ada beberapa hal penting dalam memancing diantaranya yaitu umpan. Umpan merupakan senjata para pemancing yang akan menentukan berhasil atau tidaknya untuk strike ikan. Umpan yang digunakan harus sesuai dengan target ikan yang akan dipancing jangan sampai Salah dalam pemilihan jenis umpan, yang akan membuat kamu boncos ini 25 umpan mancing di sungai yang paling jitu dan ampuh. 

Walaupun sebenarnya ikan cenderung memakan segalanya namun ada baiknya umpan yang akan digunakan lebih spesifik dengan Ikan target, agar kemungkinan mendapatkan Ikan lebih besar. Dan disini saya memiliki berberapa jenis-jenis umpan yang dijamin ampuh dan jitu untuk mendapatkan ikan-ikan monster diperairan air tawar atau sungai.

Jenis-jenis umpan jitu

1. Umpan Cacing

Semua orang sudah tahuu bahwa umpan cacing sudah dipakai dari zaman dahulu untuk memancing ikan. Umpan cacing sangat cocok untuk semua jenis ikan mulai dari ukuran kecil sampai ukuran monster yang dicari oleh para pemancing. Sehingga sangat sering kita lihat banyak pemancing atau angler yang menggunakan umpan cacing untuk memancing baik di sungai maupun spot lainnya. Cacing merupakan  umpan favorit untuk memancing karena hampir semua jenis ikan mau makan umpan ini.

2. Umpan Roti Crispy Cracker dan roti Biskuat

Umpan ini sangat digemari oleh ikan kecil maupun besar seperti ikan wader, tawes, ikan mas, nilem atau palau serta jenis ikan lainnya. Cara pembuatan umpan  ini yaitu biasa dicampuri dengan kuning telur dan kadang ditambah dengan bawang putih atau essen agar aromanya amis dan menyengat yang akan menggugah selera ikan ikan besar agar mau memakan umpan pemancing. 

Cara membuat umpan roti crispy crackers 

  • Roti crispy crackers beberapa keping lalu dihaluskan dengan rata tanpa adanya butir butir kasar agar agar mudah tercampur.

  • campurkan roti yang sudah dihaluskan dengan kuning telur atau bisa ditambahkan bawang putih yang dihaluskan, serta bisa ditambahkan dengan essen.

  • Kemudian aduk hingga menjadi satu dan membentuk adonan yang lunak dan bisa langsung di coba dan dijamin umpan ini akan berhasil memikat para ikan untuk makan umpan.

3. Umpan Tahu

Umpan tahu merupakan umpang yang sangat digemari oleh ikan-ikan wader, umpan ini sangat cocok digunakan di perairan arus deras dikarenakan umpan ini tidak akan gampang terlepas terhadap arus deras. 

Cara membuat umpan tahu 

  • gunakan 1 buah tahu yang masih mentah lalu potong kotak kecil kecil.

  • camprukan hasil potongan dengan bumbu penyedap rasa seperti royco atau masako hingga rata dan tercampur.

  • setelah tercampur bahan bahannya goreng hingga setengah mateng dan umpan siap digunakan.

4. Umpan Lumut 

Umpan lumut sangat digemari oleh ikan seperti mujair dan ikan nila yang dimana umpan ini merupakan umpan alami yang digemari oleh ikan ikan tawar, dan sangat mudah mencarinya sehingga tidak jarang pemancing menggunakan umpan lumut. 

Cara menggunakan umpan lumut supaya di cantumkan kail tidak mudah lepas:

  • Sediakan seember lumut yang sudah dibeli atau cari.

  • Campurkan lumut dengan sedikit masako atau royco agar sel sel lumut mati dan agak kaku sehingga saat di cantumkan tidak lepas dan umpan siap digunakan.

5. Umpan  Mie

Umpan mie sekilas mirip seperti umpan roti crispy crackers yang mana umpan mie hanya dihaluskan dan dicampurkan dengan bahan yang dicampurkan dengan telur selain itu umpan Mie ini bisa ditambah dengan bumbu mie agar bisa di cium oleh ikan.

6. Umpan pelet

umpan pelet memang jitu dimana umpan ini sangatlah amis dan aromanya itu membuat orang orang yang menciumnya akan mual dan bila akan dibuat umpan harus ditambah dengan kroto agar dapat menarik perhatian ikan yang melihatnya.

7. Umpan laron

Umpan jenis ini sangatlah digemari oleh ikan ikan sungai dan mencari umpanya pun hanya pada saat musim penghujan pada  malam hari dan ini merupakan umpan yang sangat di gemari oleh para pemancing dan juga bisa mendapatkan ikan ikan monster. Target ikan biasanya lais, keting, tawes dan ikan lainnya.

8. Umpan mendoan

Umpan jenis ini merupakan umpan yang sangatlah mudah ditemukan diwarung sehingga umpan ini punya multifungsi pertama umpan ini bisa dimakan oleh ikan maupun oleh pemancing itu sendiri.

9. Umpan roti srikaya seribuan

Umpan ini sangat jitu untuk memancing ikan ukuran babon seperti ikan patin, lawang atau ikan juaro, ikan tawes dan jenis ikan sungai batanghari. Waktu yang sangat cocok untuk mancing ikan juaro yaitu pagi serta sore sampai malam. 

Cara membuatnya

  • Siapkan roti srikaya seribuan, lalu buang selai isian, dengan cara lubangi pada bagian roti. Bersihkan selai sampai bersih.

  • Siapkan wajan, beri sedikit minyak gunakan api kecil, kemudian masukan roti ke wajan tekan-tekan sampai roti gepeng.

  • Potong kecil-kecil, susun pada rangkaian mata kail.

Baca Juga: Keladi viral serta jenisnya

10. Umpan kecoa

Mungkin umpan ini memang jarang digunakan dikalangan para angler, namun umpan ini terbukti sangat jitu untuk mancing ikan sungai. Beberapa jenis ikan yang suka makan kecoa adalah ikan tawes, patin, lais, keting dan lainnya.

11. Umpan jangkrik

Hampir sama dengan umpan kecoa, jangkrik merupakan serangga yang disuka oleh ikan sungai. Umpan jangkrik terbukti bisa untuk mancing ikan ukuran kecil sampai ukuran besar.

12. Buah sawit

Siapa sangka buah kelapa sawit adalah umpan jitu yang bisa kamu coba apabila mau mancing di sungai. Umpan sawit ini bisa untuk target ikan kecil sampai ukuran monster.

Cara pemakaian

  • Potong buah sawit sesuaikan dengan ukuran kail dan target ikan yang akan di pancing.

  • Susun potongan buah sawit pada rangkaian kail.

13. Umpan Tempe

Selain tahu tempe juga bisa digunakan sebagai umpan untuk mancing di sungai. Caranya sama dengan pembuatan umpan dari tahu.

Update 30 Umpan Mancing di Sungai Yang Paling Jitu dan Ampuh
Ikan Tawes


14. Umpan usus

Jika ikan target kamu baung atau catfish sangat cocok untuk menggunakan umpan usus. Selain itu ikan tawes juga sangat doyan dengan usus ayam.

Cara pakainya potong usus ayam sesuai kebutuhan lalu kaitkan pada mata kail seperti cara memasang umpan cacing.

15. Umpan kucur

Umpan kucur terbukti sangat jitu untuk mancing ikan baung, namun umpan ini memiliki bau yang menyengat sehingga jika kamu tidak kuat dengan bau yang busuk, penulis sarankan tidak usah menggunakan umpan ini. Umpan ini bisa kamu beli pada toko-toko yang menjual alat pancing.

16. Umpan udang kecil

Umpan udang kecil terbukti sangat ampuh untuk mancing ikan jenis apa saja mulai dari ikan ukuran kecil hingga babon. Ikan sungai yang sangat suka dengan udang kecil seperti baung, lais, belida dan ikan jenis lainnya.

17. Umpan sosis

Umpan sosis mungkin agak kurang lazim digunakan, namun umpan ini sangat ampuh kamu bisa coba umpan ini. Cara pemakaian potong sosis sesuai ukuran ikan target.

18. Umpan singkong

Umpan singkong merupakan umpan tradisional yang digunakan sejak dulu, umpan ini sangat jitu untuk mancing ikan sungai. Ikan target umpan ini seperti patin, masher, tawes dan ikan lainnya.

Cara pembuatan

  • Haluskan singkong dengan cara diparut 
  • Tambahkan kunyit sebagai pewarna
  • Kemudian adonan dibungkus menggunakan daun pisang.
  • Kukus sampai matang, kemudian potong persegi sesuai dengan kebutuhan ukuran menyesuaikan dengan target ikan.

19. Buah ara/aro

Buah ara sangat ampuh untuk memancing ikan ukuran jumbo, buah ara ini biasanya tumbuh di pinggiran sungai. Buah ini bisa kamu gunakan untuk umpan mancing.

20. Buah bengkal

Buah satu ini bisa kamu coba apabila mau mancing di sungai, buah ini memiliki aroma yang sangat enak dengan warna kuning. Buah ini juga biasa tumbuh di pinggiran sungai. Pada bagian dalam buah mirip dengan buah ara, namun bentuk buah tersebut tidak bulat sempurna dan cenderung tidak beraturan.

21. Daun jagung

Daun jagung juga menjadi umpan yang efektiv untuk mancing ikan tawes. Pilih daun jagung yang masih muda, kemudian pasang pada kail.

22. Keong mas

Umpan satu ini bisa digunakan untuk target ikan baung, caranya ambil daging dari keong buang kotorannya kaitkan pada mata kail.

23. Ulat daun pisang

Umpan ulat daun pisang bisa juga digunakan untuk mancing di sungai, tapi bagi kamu yang jijik dengan ulat, bisa mencari umpan alternatif lainnya. Target ikan dengan umpan ini mulai dari ikan kecil sampai ikan monster.

24. Larva tawon

Larva tawon umpan yang satu terbukti sangat ampuh untuk umpan semua jenis ikan.

25. Umpan belalang

Umpan belalang juga bisa kamu coba untuk umpan mancing di sungai. Semua jenis belalang bisa dipakai.

26. Kroto

Kroto atau telur dari semut rang-rang ini terbukti sangat ampuh untuk digunakan sebagai umpan pancing. Ikan target yang biasa makan umpan ini adalah ikan betok atau papuyu, umpan ini sangat ampuh.

Cara membuat umpan kroto, masukan kroto kedalam wadah, kemudian tambahkan sedikit getah karet atau lateks. Tunggu sampai agak kering, kemudian ambil sedikit kaitkan pada mata kail.

27. Bakwan

Umpan bakwan, siapa sangka gorengan tersebut bisa kamu gunakan sebagai umpan mancing di sungai yang sangat ampuh. Cara pemakaiannya juga sangat mudah, potong kecil-kecil kemudian kaitkan pada mata kail. Umpan bakwan sangat efektif apabila ingin memancing ikan tawes.

28. Cacing nipah

Cacing nipah merupakan umpan yang sangat jitu untuk semua jenis ikan sungai karena, cacing nipah mirip dengan cacing biasa.

29. Daging ayam

Jika kamu berburu snakehead disungai maka kamu harus mencoba umpan daging ayam. Sangat ampuh apabila target kamu adalah ikan toman, cara menggunakan umpan tersebut potong-potong daging ayam sesuai kebutuhan, kaitkan pada mata kail.

30. Buah pisang

Siapa sangka buah pisang ternyata sangat jitu untuk memancing ikan patin sungai, kamu bisa mencoba umpan yang satu ini. Caranya potong pisang sesuai kebutuhan, kaitkan pada mata kail, catatan jika umpan ingin awet maka bisa menggunakan kulitnya sekalian.


Nah di atas merupakan 30 umpan mancing di sungai yang paling jitu dan ampuh sekali untuk mendapatkan ikan ikan moster dan dari data diatas merupakan pengalaman saya memancing. Semoga bisa bermanfaat dan membantu para angler untuk menaklukan ikan-ikan sungai.


Baca Juga: Cara Meningkatkan CPC Google AdSense