Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Fitur Baru di Dashboard Prakerja


Fungsi Fitur Baru di Dashboard Prakerja


Beberapa hari kemarin situs prakerja tidak bisa di akses, banyak yang melaporkan bahwa insentif blank, rekening bank dan ewallet tidak tersambung. Ternyata masalah ini terjadi karena sedang dalam perbaikan.


Permasalahan seperti ini bukanlah yang pertama kali, namun pada kali ini setelah perbaikan adanya perubahan dan munculnya fitur baru yang membuat bingung. Fitur baru ini yaitu munculnya fitur lonceng seperti notifikasi, selain itu ada perubahan pada bagian saldo berubah menjadi insentif.


Mari kita bahas satu-satu agar tidak membingungkan dan menjadi miskomunikasi. 

1. Fitur lonceng

Lonceng

Fitur baru yang muncul pada dashboard prakerja yaitu lonceng terletak pada bagian atas di sebelah ikon profil peserta prakerja. Fitur lonceng ini berupa notifikasi untuk peserta prakerja yang memberitahukan aktivitas yang dilakukan oleh peserta prakerja, misal ketika peserta melakukan pembelian pelatihan di platform penyedia pelatihan seperti tokopedia, bukalapak, kemnaker, pintaria dan platform lainnya. Maka setelah melakukan pembelian akan muncul notifikasi atau pesan yang menyatakan hal tersebut, misalnya pesan berisi tentang pembelian paket pelatihan berhasil dilakukan dan hal-hal lainnya.


Jadi fungsi dari fitur baru lonceng ini adalah notifikasi atau pesan yang disampaikan kepada peserta prakerja, terkait dengan aktivitas yang dilakukan oleh peserta prakerja.


2. Perubahan nama saldo 

Perubahan lainnya yaitu berubahnya nama saldo menjadi insentif prakerja, hal tersebut cukup membingungkan peserta prakerja karena sebelumnya. saldo adalah uang yang digunakan untuk membeli paket pelatihan, total saldo yang diberikan yaitu sebesar satu juta rupiah saldo tersebut tidak bisa dicairkan dan hanya bisa digunakan untuk membeli pelatihan prakerja.


Apabila saldo masih tersisa dan tidak dipakai, maka secara otomatis saldo tersebut akan ditarik kembali oleh pemerintah. Jadi kamu bisa menggunakan saldo tersebut untuk membeli paket pelatihan pertama kedua dan seterusnya.


3. Notifikasi pencairan saldo


Perubahan yang ketiga yaitu notifikasi tentang pencairan saldo, proses pencairan saldo membutuhkan 3-5 hari kerja sejak tanggal estimasi pencairan. Bila kamu belum menerima dalam jangka waktu yang ditentukan, mohon hubungi contact center kami.


Pesan ini menyampaikan bahwa pencairan saldo dilakukan dalam 3-5 hari kerja, jika mengalami masalah bisa menghubungi contact center. Perlu diketahui bahwa saldo yang dimaksud diatas adalah insentif prakerja sebesar enam ratus ribu selama empat bulan, dan insentif survey sebesar lima puluh ribu sebanyak dua kali. 


Dari perubahan nama saldo menjadi insentif membuat orang bingung, jadi intinya insentif prakerja yaitu saldo sebesar satu juta rupiah untuk pembelian paket pelatihan yang akan muncul di dashboard setelah lulus program kartu prakerja. Sedangkan saldo yaitu uang sebesar enam ratus ribu selama empat bulan dan juga biaya survey sebesar lima puluh ribu sebanyak dua kali.


4. Notifikasi survey


Sebenarnya fitur notifikasi ini sudah cukup lama muncul di dashboard prakerja, notifikasi ini berisi pesan tentang kapan survey keberkerjaan akan muncul dengan hitungan mundur. Jadi dengan adanya pesan ini membantu mengetahui kapan survey dilakukan.


Nah itulah penjelasan tentang fitur-fitur baru yang muncul di dashboard prakerja, bagi kamu yang belum berhasil kamu bisa mencoba program bantuan yang lain seperti BSU PTK atau bantuan kemendikbud untuk pendidik dan tenaga kependidikan non pns. Selain itu ada juga isu mengenai prakerja gelombang 12 akan dibuka, namun berita tersebut belum tentu benar karena sampai sekarang belum ada informasi secara resmi dari pemerintah.


Semoga saja prakerja gelombang 12 memang akan dibuka maka kamu perlu mengikuti program kartu prakerja ini. Karena banyak manfaat yang akan di dapatkan selain mendapat insentif, juga bisa meningkatkan keterampilan dengan berbagai jenis pelatihan.


Baca Juga : prakerja gelombang 11